#30HariBercerita Sesi Kedua – 2017

aaa.PNG

Haiii kamuu. Selamat tahun baru 2017, tahun baru ini saya mengawali dengan ikut kembali program bercerita pendek di instagram yaitu #30HariBercerita. Pada sesi sebelumnya, gelaran pertama tahun 2016 saya juga pernah ikut program ini, jika mau lihat yang sebelumnya bisa cek disini.

Jika kamu masih penasaran program ini atau mau ikut bercerita, silahkan ikuti akun instagram @30haribercerita. Kalau mau lihat tulisannya bisa disimak rangkumannya selama 30 hari penuh dibawah ini. Tapi, kalau mau baca cerita sambil lihat gambar dan foto yang ciamik bisa di cek dan di follow akun instagramku @aga_ridwan . Mari bercerita 🙂

#Hari ke-1

#Merelakan
Mungkinkah suatu saat kamu pergi jauh dari kota Bandung?

Satu tahun sudah saya meninggalkan kota Bandung. Tak pernah mengira akan seberat ini jauh dari kota Bandung. Dari Taman kanak – kanak sampai dengan kuliah, kurang lebih 22 tahun kuhabiskan waktu di Kota Kembang. Disana tak perlu kipas angin, tidur masih bisa pakai selimut dan bisa memakai jaket disiang hari. Bisa tiba – tiba pergi ke konser yang diinginkan tanpa khawatir apapun. Entah kenapa seperti punya ikatan batin dengan kehidupan disana. Pidi Baiq bilang Dan Bandung bagiku bukan cuma urusan wilayah belaka, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan.
Kota kembang matak kayungyun kalau kata Dhirabongs dalam lagu puncak pohon Bandungnya. Lucu sih sebenernya, saya selalu menyempatkan pulang kerumah meskipun itu hanya untuk tidur satu malam saja. Berangkat dari Bekasi sepulang kerja, lalu turun di terminal leuwi panjang dan dijemput ayah sampai kerumah. Lalu besoknya pulang kembali ke Bekasi, aah rasanya saya tidak bisa menyebutnya pulang karena akan lebih tepat jika disebutkan pulang ke Bandung.

My lovely city, my friendly city, my beloved city mocca bilang. Tak pernah sekalipun aku rela meninggalkan Bandung jika sudah saatnya kembali ke Bekasi. Temanku menjawab pertanyaan diatas dan jawabannya adalah YA, suatu saat akan meninggalkan kota Bandung. Entah kapan dan dalam kesempatan apa. Tenang saja selalu ada teman untukmu di Bandung, teman yang tak harus selalu bersama tapi selalu ada sebagai tempat kamu kembali. Pulanglah kapanpun saja, Bandung akan selalu ada untukmu.
Baru sekali ini aku tersadarkan dan bisa meninggalkan Bandung dengan tenang. @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1701

#Hari ke-2

#Heroine
Dalam perjalanan pulang menuju Bekasi setelah usai libur tahun baru, tiba – tiba daftar putar musik melompat ke lagu Heroine milik Karnatra. Pertamakali mendengar lagu tersebut dari mixtape cardtopost milik sundea salamatahri. Dalam lagu tersebut ada sepenggal lirik “Kujatuh begitu keras. Kau terbitkan senyuman seperti heroine, setara heroine”. Aku jadi berpikir apakah heroine setara dengan candu yang datang dari seseorang yang kita sayang sampai bisa melengkungkan senyuman setelah seseorang terjatuh cukup keras? .
Pertanyaan tersebut tak bisa kujawab sepenuhnya karena saya sendiri tidak tahu secara nyata apa itu heroine. Tapi saya teringat perbincangan bersama rekan saya mengenai hal ini, dia bilang “Hanya ada dua pilihan jika musisi menggunakan narkoba. Dia perlahan mati atau dia mampu bangkit dan menginspirasi banyak orang.” Banyak sekali musisi yang jatuh karena narkoba. Alasannya beragam, mulai dari lingkungan, gaya hidup, dan juga tekanan. Pernah memiliki seorang teman yang masuk kedalam lingkaran setan ini diakibatkan tekanan yang dialami dalam keluarganya. Lari dan melompat masuk merupakan pilihannya saat itu dan jatuh pada akhirnya. .
Ada juga musisi yang berhasil lepas dari jeratan narkoba dan menginspirasi, salahsatunya adalah Slank. Meskipun saya tidak mengikuti band ini dari awal, akan tetapi berita mengenai bangkitnya slank dan usahanya untuk lepas dari narkoba menjadi inspirasi bagi banyak orang dan menyatakan telah bersih dari narkoba. Dalam salahsatu artikel yang saya baca, bimbim slank bercerita memgenai beratnya proses rehabilitasi yang dijalani. Dijauhkan dari semua benda yang bisa menghadirkan barang tersebut dan diawasi secara terus menerus. Hingga akhirnya mereka bisa bebas dan kaka slank bilang hanya tangan tuhan yang bisa membuat mereka bisa seperti ini. .
Pesan penutup dari bang haji adalah “Dan nartkotika… tika…. Apapun jenismu….. Tak akan kukenal lagi dan tak akan kusentuh lagi walau secuil”

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1702

#Hari ke-3

#Sepatu
Bukan, ini bukan tentang sepasang sepatu yang selalu bersama tapi tak bisa bersatu seperti lagunya tulus. Tapi, ini tentang ceritaku semalam mencari toko sepatu di cikarang. Berbekal informasi dari google dan aplikasi ojek online yang ada, saya pilih take location ke sebuah toko sepatu olahraga didaerah Cikarang.
Saya belum pernah sama sekali main kedaerah yang saya tuju makanya ikut aplikasi saja. Begitu sampai dilokasi yang dituju dan turun dari ojek, kok rada aneh yaa gelap semua tokonya. Saya coba susuri rukonya satu persatu tetep gak nemu juga. Saya coba tanya juru parkir disana katanya tokonya sudah pindah dua tahun yang lalu dan berjarak dua kilometer dari tempat saya sekarang. Duh bener ya kalo gatau itu udah kayak anak ilang, lost.
Udah tanggung kesini ya lanjutlah ke tempat yang bapak tadi maksud. Tokonya terlihat bercahaya dari jauh seakan mengobati anak yang lagi nyasar ini. Begitu masuk kedalam kok nggak ada sepatu ya didalamnya baju semua, tiba – tiba penjaganya bilang sepatu ada dilantai dua, tau aja dia kalo saya lagi cari sepatu. Banyak sekali model sepatu yang sayapun tak hapal apa bedanya desain sepatu A dan sepatu B. Daripada bingung, saya minta dijelasin aja sama si mbak penjaganya. Setelah dapat semua info, saya coba beberapa jenis sepatu dan langsung dapat yang cocok dengan kaki saya. “Mbak yang ini aja, ada yang barunya?” tanyaku. ” Tinggal yang di display aja mas” katanya. Yasudah bungkus langsung saja, saya juga suka sama sepatunya. Begitu turun kebawah dan mau bayar, ternyata tokonya sudah ditutup dari dalam dan mereka cuma nungguin saya kelar beli aja ternyata haha~ Makasih ya toko sepatunya sudah mau terima pembeli terakhirnya~ @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1703

#Hari ke-4

#Hujan
Pagi ini hujan turun dengan sangat derasnya. Jarang sekali hujan turun dibulan Januari. Ini akibat ulah si musim panas. Tuan hujan telah mempersiapkan tarian kecilnya untuk hadir dibulan Desember. Tarian kecil itu dibuat oleh Mesin Penenun Hujan milik Frau hingga terjalin terbentuk awan dan terciptalah tarian Tuan hujan.
.
Tuan hujan sangat ingin menampilkan tarian kecilnya dibulan Desember. Akan tetapi si musim panas betah nongkrong lama dibulan Desember. Itu membuat emosi Tuan hujan meledak ledak. Hasilnya Tuan hujan marah sejadi jadinya. Tuan hujan mengeluarkan semua emosinya dibulan Januari. Tarian kecil yang tadinya teduh seperti hujan di mimpi kalau kata Banda neira, sekarang berubah jadi amukan seperti amuk massa pada seorang penjahat.
.
Efek rumah kaca berusaha menenangkan sang Tuan hujan, dia bilang hujan jangan marah. Utopia pun ikut menenangkan, dia bilang aku selalu bahagia saat hujan turun. Seketika tuan hujan mereda dan merubah amukannya menjadi tarian kecil kembali. Tarian kecil tuan hujan membuat semua bahagia kembali pagi ini.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1704

#Hari ke-5

#Everlasting
Kata everlasting bisa mengantarkan kita pada memori lama yang tak pernah hilang dan selalu ada dalam benak. Begitupun halnya dengan sebuah lagu. Sebuah lagu tanpa sadar sudah masuk kedalam otak kita dan menjadi sesuatu yang tak akan bosan kau putar berulang kali sekalipun temanmu meminta mengganti lagunya karena sudah diputar sepuluh kali lewat pengeras suara handphonemu. Everlasting song versiku adalah I Will Fly milik Ten2five.
.
Entah sudah berapa kali memutar lagu itu akupun tak ingat. Yang pasti sampai saat ini lagu itu yang paling betah singgah berlama – lama dikupingku. Pertama kalinya mengenal lagu ini adalah jaman mtv masih ada di tipi indonesia. Jaman itu menjadi salahsatu momen dimana saya mulai mengenal band melalui video musik yang mereka buat. Saat itu kebetulan yang diputar adalah lagunya ten2five, pertama kali melihat videonya langsung berpikir tentang apa lagu dan videonya. Saat itu belum begitu paham bahasa inggris dan saya sendiri belum mengenal internet. .
Meskipun saya sendiri gak ngerti pesan dari videonya apa, yang pasti lagu itu bikin terngiang – ngiang dikepala. And youu knoow that is trueee. Versi yang saya suka adalah original demo version. Suara imela kei dibalut dengan petikan chord gitar jazz yang apik terdengar begitu nyaman ditelinga. Sederhana namun bermakna, begitulah lagu ini menurutku. Sooo everlastiiing. I will fly into you arms, and be with you, till the end of time.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1705

#Hari ke-6

#Pilihan
Kenapa tiap datang kemari, mereka selalu pergi lagi? Memangnya mereka siapa?
Mereka itu eskrim coklat, banyak yang menyukai mereka makanya tiap datang lalu pergi lagi.
Kenapa kita tidak seperti mereka?
Tak semua orang suka kita dan kita tak bisa memaksa semua orang menyukai kita.
Lalu kenapa kita ada disini jika tak semua orang suka kita?
Kita memang bukan pilihan terbaik tapi kita harus menjadi yang terbaik bagi mereka yang memilih kita.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1706

#Hari ke-7

#Kopi
Kopi saya bundar. Bundar kopi saya. Kalau tidak bundar. Bukan bapak satar.
Apasih haha. .
A: Ngantuk nih.
Y: Yaudah buat kopi sana.
A: Tapi gapernah ngopi. Kumaha atuh? Bikinin lah
W: Sini coba
A: Kenapa kalian suka kopi?
Y: Wangi, segar, mengingatkan akan seseorang
W: Tergantung situasi, suka kalau suasana hati lagi adem, gasuka kalau suasana hati lagi gaenak
A: Suka kopi kok plinplan haha. Lalu kopi enak ditemani pakai apa?
Y: Udara dingin
W: Kue, karena aku suka kue
A: Kalo rokok?
Y: Wajib karena rokok soulmate kopi
W: Gasuka asep rokok
A: Sukanya apa? Kopi kapal tubruk?
W: Latte karena manis
A: Itu mah karena ada susunya
Y: Apapun, tidak harus mahal yang penting enak.
.
Y: Kopinya kemanisan
A: Daripada ini gajelas pake krimernya
Y: Racikannya kayak apa?
A: Satu sendok kopi, dua sendok gula
Y: Sendok apa?
W: Sendok semen hahahaha
.
Obrolan kopi bukan di warung kopi dan seketika sakit perut karena jarang minum kopi beserta ampasnya.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1707

#Hari ke-8

#STM
Gak mau jadi ustadz, maunya kerja di pabrik, begitu jawabanku ketika ditanya kenapa mau pindah sekolah saat kelas 3 smp. Dulu punya keinginan untuk masuk stm jurusan otomotif akan tetapi pas tingkat menengah malah masuk Mts (Madrasah Tsanawiyah) karena kebawa arus. Teman teman masuk mts dan akhirnya saya terbawa. Tapi belakangan mulai kepikiran lagi karena tahun ajaran yang berbeda, disana awal tahun ajaran bukan Juni – Juli melainkan memakai kalender islam yang saya agak lupa jatuhnya dibulan apa, yang pasti agak mundur sekitar dua atau tiga bulan. Makanya pas kelas tiga mts pindah ke smp demi melancarkan jalan menuju stm.
.
Saya masuk STM 8 dikota Bandung, cukup dekat dengan keramaian. Semasa sekolah saya cukup aktif dengan bidang musik, bukannya menekuni dalemannya mesin malah ngeband haha. Saya sering datang ke acara band indie kota kembang, datang ke toko musik seluruh penjuru kota kembang dan juga ngeband. Band saya namanya The Insurgent. Kenapa namanya seperti itu? Karena kami terinspirasi oleh The S.I.G.I.T dan hanya memainkan lagu mereka, bisa dibilang kami ini imitasinya. Sebelum bubar karena sudah lulus sekolah, kami sempat manggung di pensi sekolah dan jadi urutan terakhir. Alhasil sepi, hanya guru dan beberapa teman saja yang menonton padahal tadinya berharap ada teriakan weee waaant moreee dari penonton. Tapi sayangnya krik krik.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1708 #30hbcSMA

#Hari ke-9

#Hayday
Hayday adalah game simulasi peternakan dan pertanian yang dimainkan lewat telepon genggam. Sudah satu tahun lebih saya memainkan game ini dan masih suka sampai hari ini. Peternakan yang kita kelola bisa berteman dengan peternakan teman kita entah itu dari teman facebook atau teman nemu disini.
Lingkaran pertemanan bisa digabungkan menjadi sebuah lingkungan sampai dengan 30 anggota didalamnya. Pertamakali join hayday, lingkungan yang saya dapatkan adalah lingkungan dengan multibahasa. Agak susah berinteraksi karena tak semua bisa berbahasa inggris dan tak semua aktif mengobrol. Alhasil selama satu tahun saya tidak begitu dekat dengan semua anggota. Sehingga pada akhirnya saya keluar dan mencoba mencari lingkungan baru.
.
Helpful Group namanya, lingkungan saya bergabung saat ini. Awalnya memang multibahasa juga, tapi sekarang sudah semua anggota berbahas indonesia dan aktif mengobrol. Ada sekitar 80 persen anggota yang tetap dan aktif. Sisanya yang masih silih berganti menemukan kecocokan diantara kami. Ada beberapa orang yang join hanya untuk pamer harta jualan. Sebut saja lucy, dia merusuh di grup kami. Anehnya ketua grup malah senang berdebat dengan si lucy ini, mungkin seru kali ya rame sekali kali. Semua anggota dibuat geram termasuk saya. Sampai akhirnya saya pun membuatkan lagu untuk lucy hahaha bisa dicek di sonklot, cari aja aga ridwan dengan judul helpful group. Suara vokalnya memang biasa cenderung fals tapi niat membuat lagu sungguh tinggi haha Listen to Helpfull Group by Aga Ridwan Permana #np on #SoundCloud

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1709
Kalo ada yang main juga boleh join sama kita biar tambah seru. Yuk!

#Hari ke-10

#Aloha Opa!
Aloha opa, ajak aku jalan – jalan dong keliling Bandung pakai fiat tuamu itu. Apa sih yang nggak buat cucuku shery. Perawakan opa tinggi besar, rambutnya putih suka disisir kebelakang, selalu memakai kemeja motif kotak berwarna krem dan hobi memakai celana pendek serta sandal, santai sekali setelan opaku.
.
Kami berkeliling kota Bandung nikmati Braga sambil sesekali opa menunjukan betapa hebatnya desain bangunan Bandung tempo dulu. Opaku ini arsitek hebat bahkan sampai sekarang, membuatku ingin menjadi arsitek juga jika mendengarkan cerita opa mengenai arsitektur. .

Sampai di hutan babakan siliwangi opa bilang ‘jika suatu saat kamu jadi arsitek, tolong tetap jaga pohon dikota kembang ini’. Iya juga sih pikirku mana mungkin kota ini disebut kota kembang jika tak ada pohon dan bunga sama sekali. Opa mengibaratkan para perusak hutan adalah si raksasa gurilem yang hobi memakan pohon dan membakar pohon dengan api yang keluar dari mulutnya. Kita harus berani melawan si gurilem katanya, jika kamu beruntung kamu bisa bertemu dengan kurcaci popo dihutan ini. Siapa kurcaci popo itu opa? Dia adalah penjaga hutan ini, dia kurcaci berbadan besar yang menjaga hutan ini dari serangan si raksasa gurilem. .

Aaaah selalu bahagia rasanya jika bersama opa. Tak terasa hari ini kita sudah dua kali mengelilingi kota Bandung. Opa kembali duduk didepan teras rumah sambil mendengarkan musik dari piringan hitam kesukaannya dan sesekali memainkan harmonika. ‘Opa, jangan jauh dari shery ya’
.
Cerita yang terinspirasi dari lagu Aloha Opa dan Saat Shery Bermain di Hutan milik Baby Eats Crackers. Band yang saya suka bahkan dari pertamakali mendengarnya. Foto ini diambil saat saya menyaksikan mereka di Bumi Sangkuriang Bandung. Meskipun bandnya sudah tidak lagi manggung, tapi saya tetap menyukai karya mereka.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1710

#Hari ke-11

#Sarapan
Apa menu sarapan favoritmu? Roti, pisang, nasi uduk, lontong, bubur atau punya menu sendiri? Saya tidak pernah bisa melewatkan sarapan pakai nasi di pagi hari. Nasi memberi suntikan energi yang cukup dahsyat setidaknya sampai jam 12 siang, sarapan nasi jenis apapun saya suka. Entah itu nasi uduk, nasi kuning, nasi pecel ataupun nasi padang haha. Pernah beberapa kali tidak sarapan dan rasanya lemes banget bikin gak fokus beraktivitas.
.
Pernah tanya salahsatu penjual sarapan yang menyediakan nasi dan lontong, katanya minimal dari jam 2 subuh harus udah mulai menggarap semua masakannya. Mulai dari bikin nasi, bikin lontong, bikin telor, bikin kuah, bikin sambal dan bikini bottom eh. Disaat saya masih terlelap jam segitu, mereka sudah bergegas mempersiapkan sarapan untuk para langganannya termasuk saya. Hanya dengan uang sepuluh ribu rupiah, perut saya sudah kenyang dan siap berkegiatan. Saya belum bisa menyiapkan sendiri sarapan nasi sebelum berkegiatan. Makanya dengan adanya mereka, saya sangat terbantu. Terimakasih para penjual sarapan seluruh indonesia, salam hangat sehangat nasi hangat.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1711 #30hbcPROFESI

#Hari ke-12

#Berat
“Sekarang berat badannya berapa?” Aaah bosan rasanya mendengar kalimat ini dari orang orang yang kutemui. Bisakah kamu tak bertanya hal itu?
.
Program otomatis penggemukan badan ini berlangsung dari tahun 2011 semenjak pertama masuk kuliah. Yang tadinya makan dirumah bisa dikontrol jenis makanan dan waktu makannya, sekarang tidak. Saat itu saya mulai kos dan makan seenaknya kapan saja dan apa saja. Alhasil lambat laun berat badan bertambah terus menerus sampai sekarang.
.
Ikhtiar terus dilakukan tapi rasio masuk dan keluar tidak sebanding. Tidak, saya tidak membiarkan ini terus berlarut. Satu satunya hiburan orang gemuk adalah ketika melihat orang yang lebih gemuk lalu berkata “Alhamdulillah saya belum kaya dia”. Tapi asal tahu saja saya tidak suka bahasan tema berat badan yang akhirnya menyudutkanku dan membandingkan dan bla bla bla. .
Saya mau? TIDAK!
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1712

#Hari ke-13

#Mare
Sebulan terakhir ini kerjaan saya tiap malam hanya mantengin layar buat nonton drama jepang yang berjudul Mare. Mare kecil termasuk gadis yang tidak percaya mimpi. Baginya mimpi hanya menyisakan rasa sakit. Hal ini disebabkan karena dirinya selalu dikecewakan oleh ayahnya yang bermimpi terlalu tinggi dan kegagalan mimpinya berimbas pada keluarganya yang bangkrut dan harus pindah dari keramaian Tokyo ke sebuah daerah terpencil di Noto, Jepang.
.
Mare kecil beranjak dewasa dan bertemu Keita si pengrajin peralatan makan. Keita terus menerus membicarakan tentang mimpinya menjadi seorang pengrajin hebat. Lambat laun hal itu membuat mare berpikir bahwa dia harus punya mimpi juga, fyi si mare ini demen banget nih sama si keita haha. Dia teringat hal yang paling berkesan sewaktu kecil yaitu saat diberi kue ulang tahun oleh ayahnya yang membuat dia ingin menjadi seorang patissier (pembuat cake).
.
Mare dewasa mulai mencari tempat untuk belajar. Dia belajar kesebuah tempat bernama Ma Cherie Chou Chou. Dari seorang chef yang wataknya cukup keras, dia belajar banyak teknik membuat cake yang lejaaaat. Skill mare dalam membuat cake berkembang cukup pesat. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk menikah dan punya anak, dia berhenti selama beberapa tahun. Memulai kembali membuat cake setelah membuka sebuah toko di Noto. Dia mulai ikut beberapa kompetisi dan hasilnya selalu kalah. .
Cita cita mare dewasa adalah menjadi seorang world best patissier. Akan tetapi dalam perjalanannya dia sempat melukai anggota keluarganya yang jelas memberikan support untuknya. Saat itu sedang terbawa emosi karena lagi pusing mikirin cake buat kompetisi tingkat dunianya. Pada akhirnya mare tidak pernah menang kompetisi, akan tetapi dia sadar kalau orang disekelilingnya adalah orang yang paling menghargai mimipinya. Mereka bahagia bisa menikmati cake buatan mare. Tak perlu jadi juara dunia untuk menunjukan yang terhebat.
.
Ya, mimpi adalah sebuah hal yang tidak bisa dilupakan, tapi jangan melupakan semua yang mendukung mimpimu menjadi nyata. Tumbuhlah bersama mereka karena mereka adalah tempatmu kembali disaat kamu membutuhkannya.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1713

#Hari ke-14

#Belajar
Banyak yang awam mengenai cara belajar gitar yang baik dan benar, termasuk saya. Jam terbang memang mempengaruhi tapi saya rasa semua kembali ke dasar. Dua kesalahan yang baru saya sadar setelah mempelajari permainan ini adalah:

1.Tidak mengerti dasar teori.
Well saya termasuk tipe penghapal pada awalnya. Saya mengingat pola kunci nada major dan minor berdasarkan tanya tanya serta nyontek dikit di internet. Tapi saya tidak tahu kenapa itu bisa menjadi major dan kapan itu disebut minor. Setelah membaca buku ‘Beginning Jazz Guitar’ milik Jody fisher, saya baru tahu kenapa ini begini dan begitu. Semua berdasarkan formula yang diambil dari tangga nada. Sedikitnya saya mengerti kenapa harus tahu dasar teorinya. Agar tidak di skak mat oleh penguji sidang akhir. Eh.

2.Terlalu terburu – buru.
Tangan belum lentur melekat ke gitar, ujung jari belum kapalan udah sok sokan mau main gitar muruluk ala slash gun n roses. Agaaaa agaaa haha kalo kata AC/DC mah It’s a long way to the top if you wanna rock n roll. Jadi biar tangan melekat di fret gitar, sering seringlah senam jari. Begitu kata master gitar Tana yang mengajari saya senam jari selama sebulan di Banjaran. Kalau mencet senarnya udah bener, InshaAlloh bermain gitarnya lancar.
Saat ini saya sedang belajar jazz sama bang Jody Fisher lewat bukunya, semoga bisa ngejazz suatu hari. Aamiin. @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1714

Oh iya jangan tanya gitarnya asli atau nggak karena saya baru bisa menjangkau gitar kw untuk saat ini hehe :p

#Hari ke-15

#Matahari
The Beatles selalu menyambutmu dengan lagu Here Comes The Sun, mereka selalu bahagia ketika kamu datang seperti Banda neira yang suka Matahari Pagi. Deu Galih memberi sapaan lewat lagu Salam Matahari miliknya. Apakah benar Travis pernah berjalan diatas permukaanmu? Soalnya mereka bilang pernah, hanya untuk mengambil gambar orang lain tapi dalam sudut pandangmu. Iya Travis gak sendirian kesana, mereka berangkat kesana bersama duo She & Him yang katanya pernah In The Sun juga. Bahkan paman Louis Armstrong pernah Sitting On The Sun. Kamu berteman baik juga dengan semua musisi ternyata. Aku menebak kamu pasti seorang artis, A-ha bilang The Sun Always Shine On TV. Boleh saja kamu jadi artis, asal main di film yang bagus biar kamu dapat peran utama disana dengan judul Sunshine Of Your Love seperti kata bang Jimi Hendrix.
.
Aku jadi penasaran apakah kamu itu menjalin LDR dengan si bulan atau menjadi musuh yang berjauhan? Tapi aku dengar dari vickyvette bahwa kau pernah berpelukan dengannya, mungkin itu menandakan kamu bukan musuh si bulan. Aku membayangkan pelukan kalian sehangat lagu Sun milik Titotessa yang membuat semesta mendukung kalian berdua sekalipun yang lain tak ingin kalian bersama. Kalau kalian memang berdua, pasti kalian bertemu dikala malam dan namamu berubah menjadi Midnight Sun seperti kata Cascade, Ivy dan EndahNRhesa. Honey in the sun, aaah betapa mesranya kalian berdua kata Camera Obscura.
.
Ada juga yang menjadikanmu perumpamaan orang yang dikasihi. Seperti lagu The Sun milik Leonardo Ringo dan Matahariku milik Agnes Monica. Tapi Jodi in the Morning Glory Parade bilang wajah terkasihnya seperti Sun Flower, apakah kamu berubah wujud juga menjadi sekuntum bunga matahari yang bersemi disetiap pagi seperti apa kata Nadafiksi? Atau kamu berubah menjadi Flower City juga seperti kata mocca? Yang pasti semua senang dengan keberadaanmu, satu lagu tak cukup untukmu. Banyak yang berharap kamu selalu ada menyinari kami semua seperti Sun Of Hope milik Grace Sahertian. Terimakasih Matahari.
Beruntung bisa selalu bersamamu setiap hari.
#30haribercerita
@30haribercerita #30hbc1715 #30hbcLagu

#Hari ke-16

#Gajah
Gajah badannya besar, telinganya lebar, belalainya panjang. Gajah hobinya makan rumput hijau, tapi mau makan rumput yang sudah menguning juga jika tak ada yang hijau. Gajah suka makan kacang sejak para pengunjung kebun binatang ngasih kacang. Gajah termasuk lagunya tulus.
.
Gajah suka menyedot air lewat belalainya, tapi disimpan beberapa waktu dibelalainya kalo belum dipakai minum atau mandi. Sewaktu taman kanak kanak saya pernah disemprot sama gajah. Entah apa salah saya, tiba tiba kena semprot karena saya berdiri paling depan dekat dengan kandang. Seluruh badan basah sambil sesekali ngelap ingus. Teman saya tak ada yg lupa, pasti kalau ketemu selalu ingat kejadian ini. Sekarang saya agak ngeri juga sih kalo ketemu gajah yang lagi main air.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1716

#Hari ke-17

#Firasat
Pagi ini angin berhembus kencang sekali. Yang tadinya kegerahan, sekarang berbalik kedinginan. Para hewan diberi semacam firasat bahwa jika terjadi hal ini, maka selanjutnya seperti ini. .

Tak banyak manusia yg diberi kesempatan untuk mengenal firasat. Beberapa diberi kesempatan seperti marcell, dewi lestari dan raisa karena mereka menyanyikan lagu firasat hehe. Tapi sungguh tak banyak orang yang kenal dengan firasat. Pernah melihat film rectoverso dengan bagian firasat didalamnya. Disebutkan bahwa kenapa punya firasat kalau tak ada yang bisa dilakukan dan tetap akan terjadi? Yang kita perlukan hanya menerimanya. @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1717

#Hari ke-18

#Musik
Kegiatan yang suka saya lakukan adalah menikmati musik berjam – jam tanpa melakukan hal lain. Menurutku dengan cara seperti itu bisa membuatku mengerti dengan makna lirik yang hendak disampaikan oleh musisinya. Alasan lainnya adalah musik itu mewakili apa yang saya rasakan saat itu. .
Saya bisa mendengarkan satu lagu berulang, jenis musik yang saya dengarkan bisa beragam dari yang keras seperti seringai sampai yang mendayu seperti raisa. Dosen saya pernah menjuluki saya dengan julukan ‘badan rambo hati rinto’, rinto harahap kali ya yang dimaksud bukan pak rinto rekan kerja saya. Eh pak rinto apa kabar? Maaf diomongin haha.
.
Lagu keras biasa saya dengarkan ketika sedang pusing pusingnya, biasanya dengar lagu Dilarang di Bandung milik Seringai atau Anjing milik PHB. Lagu santai biasanya didengerin sambil berkegiatan seperti Hopipolla Sigur Ros atau Someday milik The Strokes. Saya mendengarkan lagu berbunga dan sendu juga, ya you know lah mendengarkan lagu berbunga dan lagu sendu adalah hak segala gender termasuk pria. Lagu berbunga semacam Let Me Be milik Raisa atau Kisah Romantis milik Glenn Fredly. Pilihan lagu sendunya adalah Baik Untukku milik Sister Morphine dan Tak pernah setengah hati milik Tompi. Masih banyak sih lagu yang mau saya sebutkan, tapi segitu aja dulu. Apa lagu kesukaanmu?
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1718

#Hari ke-19

#Makan
Bahagia versi makanan adalah ketika bisa makan menu yang memang diinginkan dan beda dari biasanya. Biasanya makan ayam atau telur, ketika ketemu dengan bebek goreng sambal pedas ditambah nasi hangat uuuuh itu yummy menurutku. .
.
Ketika bebeknya diambil dagingnya keluar minyak minyak gurih. Lalu dicocol ke sambel pedas sambil ditemani lalapan segar. Lalu dimasukkan kedalam mulut bersama nasi hangat. Aaaah lezatnya tiada tara. Sampai minta nambah nasi lagi saking bebek pedasnya enak. Coba deh sekarang
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1719 #30hbcbahagia

#Hari ke-20

#Makna
Menurut kbbi, bermakna adalah mengandung arti penting. Terkadang kita sering lupa makna sesuatu dalam hidup karena cepatnya pergerakan hidup ini. Jarang sekali duduk santai dan memikirkan apa saja yang bermakna dalam hidup kita. Sesederhana karet gelang dua pada nasi uduk sebagai penanda yang pakai pedas dan tidak.
.
Seringnya kita menyadari itu terlambat, saat hal tersebut sudah menjauh bahkan hilang. Ada yang bilang orang itu dinilai dari perbuatannya, bukan perkataannya. Secara tidak sadar kita ikut menilai orang lain dan menjadikannya bermakna dalam hidup kita. Sebelum segalanya menghilang, coba duduk sejenak pikirkan apa saja dan siapa saja yang bermakna dalam hidupmu?
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1720

#Hari ke-21

#Kemana
Kok makan banyak tapi gapernah gemuk sedikitpun? Tanyaku pada seorang teman, keturunan katanya. Aku langsung tembak dengan pertanyaan ‘BABnya banyak?’. Bukannya dijawab malah tertawa sampai puas dia disodorkan dengan pertanyaan seperti itu.
.
Soalnya dari pengalaman aku makan setiap hari, feses yang dikeluarkan sebanding dengan apa yang kita makan. Cara mudah mengidentifikasinya adalah dari apa yang kita makan. Contoh makan nasi banyak dengan lauk banyak dan terselip jagung didalamnya. Naaah aku mau cerita jorok ya, kalau mau silahkan lanjut baca. Jika ada jagung didalamnya biasanya pas fesesnya keluar masih suka ada jagungnya dan disaat itulah BABku banyak juga. Itulah yang membuatku yakin kalau makan banyak pasti keluar banyak juga. Jika tidak keluar maka hilang kemana makanan yang kamu makan sebanyak itu, tidak terbuang tapi kamu tetap kecil badannya. Hilang kemana?
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1721 #30hbchilang
Ssst mungkin kamu akan mengecek feses kamu saat BAB nanti untuk membuktikannya. Karena mau tidak mau jadi kepikiran hal ini hahaha

#Hari ke-22

#Mutasi
Hari ini satria baja hitam dipindahtugaskan ke bekasi timur. Tugas menjaga jababekanya sudah cukup, tidak terjadi hal hal yang tidak diharapkan. Selama dia bertugas disini aman aman saja. .

Yaa paling yang terjadi cuma cekcok tawar menawar harga sayur antara tukang sayur dan ibu ibu, soal anak kecil yg minta jajan eskrim padahhal sedang pilek, juga soal jemuran yang terbang dan jatuh dijalan. Tapi semua itu bisa mereka selesaikan sendiri. .

Kalo kamu butuh sesuatu, bisa cerita ke satria baja hitam, jangan sama baja ringan apalagi baja bajuri. Tak masalah jika itu hanya sekedar curhat, minta ditraktir, sampai minta ditemenin juga bisa. .

Bye tukang nasi uduk, tukang parkir, tukang buah, tukang martabak, tukang ojek, dan semua penghuni jababeka. Sampai berjumpa lain waktu.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1722

#Hari ke-23

#Bioskop
Kemarin pertamakali menjejakkan kaki di cikini dan bermaksud menonton film disini. Penasaran dengan film lala land yang memasukkan unsur dance, jazz dan cinema juga. Filmya menarik sekali, dari awal sampai akhir saya tak henti mengikuti irama musik yang ada dalam filmnya.
.
Tapi ada hal menarik lainnya disana. Setelah selesai menyaksikan filmnya, diluar bioskop saya memperhatikan bahwa banyak sekali oma oma dan opa opa yang datang kemari. Ternyata setelah baca baca mengenai sejarah bioskop ini, saya baru mengerti kenapa banyak opa dan oma yang datang. Bioskop ini dibangun sudah cukup lama dan sudah banyak berganti nama serta pemilik. Mungkin ketika namanya bioskop megaria, banyak muda mudi cikini yang sering dateng kesini. Naah sekarang ketika namanya berganti menjadi metropole, kumpulan muda mudi jaman bioskop megaria masih suka datang kemari. Itulah makanya banyak opa dan oma disini. @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1723
Bangunan bioskopnya ciamik dibanding bioskop bioskop yang ada di mol.

#Hari ke-24

#Bising
Lelah ku mendengar semua ocehan kepentingan pribadi. Lelah ku melihat tayangan dan informasi saling menjatuhkan. Dahulu saya meninggalkan televisi dengan tayang lokal karena sudah tidak terlalu banyak membawa manfaat setidaknya bagi saya. Sekarang, tanpa saya ingin melihat dan membaca berita yang sedang ramai, mereka memaksakan menjejalkan seluruh berita bernuansa negatif kedalam media sosial. Banyak yang mengepos ulang berita tersebut sehingga hal tersebut masuk dalam beranda media sosial yang saya ikuti. .
Andai semua tak saling menjatuhkan. Andai semua tak saling menebar kebencian. Andai semua tak mementingkan keuntungan pribadi. Andai semua waras pasti tak akan bermunculan hal yang semestinya tidak muncul. All you need is love (Beatles). Imagine all the people, living life in peace (Lennon). @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1724

#Hari ke-25

#Tanah
Jika kamu adalah mi instan, maka aku adalah tanah. Semua orang bertanya kenapa kita bisa berjumpa. Saat itu, tak sengaja kau terjatuh dari tempat berpijakmu yang nyaman. Awalnya kau punya rasa takut karena jauh dari kelompokmu. Saat kamu sudah menyentuh sang tanah, kamu tahu bahwa tanah tak hanya dingin tapi bisa menghangat juga.
.
Aku berusaha cukup keras untuk dapat mengunjungimu karena kamupun tahu tanah perlu usaha untuk mencapai tempat berpijakmu. Entah itu lewat sekop, lewat ember, atau lewat genggaman tangan orang lain. Aku akan tetap berusaha mengunjungimu karena aku senang bersamamu. Jika hujan, aku akan berubah wujud menjadi lembek. Aku tak mau kamu melihat keadaanku yg sedang lemah ini, aku tak mau membuatmu risau akan diriku yang sedang lembek. Besok kamu memintaku untuk mengunjungimu, aku akan mengunjungimu asalkan besok tidak hujan.
.
Tak peduli jika mantanmu adalah mi ayam, mi ramen, mi jawa, atau spageti sekalipun, aku tetap akan menjadi tanah yang kau rindukan. Tak peduli orang berkata cinta kita bodoh karena kita tidak serupa, yang pasti kita senang menjalaninya. Bagai petani yang menyayangi padi padinya, tak harus serupa tapi mereka saling menyayangi. Seperti merekalah aku menginginkanmu karena aku lebih suka jadi petani daripada mantan pacarmu. @30haribercerita #30haribercerita #30hbc1725

#Hari ke-26

#Modal
Nada minor mengalun pelan
Kesedihan berbalut rindu dan bayang
Dorian menggoda sang rembulan
Maya dikemas oleh cenayang
.
Nada major mengalun riang
Tenggelamkan semua duka
Lydian tak henti menawarkan senang
Nyata dalam seluruh suka
.
Dominant berperan dominan
Dibuatnya ku tak berdaya
Dengan rasa tak karuan
Terpautku dalam cahaya
.
Aeolian adalah tempat kembali
Kemanapun kau berarah
Satu ini harus kau peduli
Tak ada tempat senyaman rumah
.
@30haribercerita
#30haribercerita
#30hbc1726
Ditulis sambil mendengarkan lagu terpaut oleh waktu milik danilla yang sungguh syahdu didengarkan malam hari hingga membuatku ingin merangkai kata semalam ini.

#Hari ke-27

#Eskrim
Bagiku makan eskrim adalah sebuah penghargaan. Ketika seharian bekerja dan cukup lelah, makan eskrim seketika bisa membuat sedikit lelah hilang. Atau ketika cuaca panas keluar banyak keringat, makan eskrim sambil ditemani semilir angin juga enak. Eskrim juga bisa dinikmati saat hari hujan seperti sekarang, mulut jadi tambah dingin. Boleh lho eskrim dihadiahkan bagi yang mulutnya pedas juga, siapa tahu bisa reda pedasnya berganti adem.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1727

#Hari ke-28

#Syahdu
Aaah tentang malam memang selalu terbayang kesyahduan. Banyak sekali hal yang ingin kulakukan ketika malam yang membawa suasana romantis menurutku.
.
Menikmati malam dengan menonton payung teduh yang sedang membawakan lagu berdua saja misalnya. Acaranya ada didalam hutan babakan siliwangi ditemani udara yang sejuk dan tak lupa memakai jaket biar hangat.
.
Atau berdansa ala video musik Thinking Out Loud. Sungguh aku pengen nyoba ballroom dance. Tariannya terlihat elegan disertai gerakan yang indah. Sungguh aku ingin mencobanya.
.
Atau kemping digunung sambil ditemani api unggun. Memandang langit yang bertaburan bintang seakan menyaksikan bintang menampilkan sajiannya yang menarik, just like The Great Gig In The Sky (Pink Floyd)
.
Atau dinner berdua juga boleh.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1728

#Hari ke-29

#Iseng
Kadang aku tiba tiba muncul dan iseng sama orang yang punya hape baru. Aku chat langsung “hape baru ya?” dan jawaban mereka seragam “kok tau?”. Percaya atau tidak, saya bisa mengetahuinya lewat sebuah aplikasi.
.
Mungkin beberapa dari kalian sudah tau hal ini, jika ada orang yang baru beli hape dan install aplikasi line serta registrasi dirinya dengan opsi menambahkan otomatis teman temannya melalui nomor telepon maka akan muncul sebagai teman baru dihape teman kita. Naah tadinya saya tahu ketika keluarga saya ada yg membeli hape baru dan muncul sebagai teman lagi di line padahal sebelumnya sudah berteman, dari situlah saya tahu kalau anda punya hape baru.
.
Jadi waspadalah jika anda save nomor saya lalu punya hape baru dan tiba tiba kena chat dari saya “hape baru ya?” Hahahaha
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1729

#Hari ke-30

#Salam
Halo semuanya selamat malam. Berjumpa lagi bersama ridwan disini dalam acara cerita radio. Malam ini kita akan coba membacakan beragam cerita yang sudah masuk dari teman teman. Kali ini ada cerita dari saudara Aga yang menceritakan tentang kesannya mengikuti acara 30 hari bercerita di instagram.
.
Hai saya Aga, pertamakali lihat program 30 hari bercerita ini di instagram teman teman @cardtopost saya yang ikut bergabung dalam program ini. Saya penasaran dan mencari tahu tentang program ini. 30 hari bercerita sesi pertama saya lakukan di Bandung dan senang sekali rasanya bisa menyelesaikan sesi pertama.
.
Setahun kemudian saya tak menyangka ternyata program ini hadir kembali dan tentu saja saya antusias untuk mengikutinya. Di sesi kedua ini, saya mencoba bercerita di bekasi yang jauh dari tempat tinggal saya di bandung. Menantang diri untuk mengikuti program ini dengan harapan bisa menulis dan menyelesaikan kembali program ini meskipun jauh dari tempat tinggal yang sekaligus menjadi inspirasi menulis sesi pertama.
.
Ternyata saya bisa menyelesaikan program ini dengan cukup baik karena bisa menyelesaikan semua tantangan selama 30 hari. Saya cukup puas dengan pencapaian ini dan ingin mengikutinya kembali tahun depan yang entah dimana saya akan bercerita. Terakhir mau kirim kirim salam. Kirim salam untuk penggagas dan admin @30haribercerita karena sudah menyediakan wadah untuk berekspresi dengan tantangan di hari tertentu menjadikan program ini lebih menarik. Salam untuk semua teman yang sudah berpartisipasi dalam program ini, baik yang bercerita ataupun yang membaca cerita. Salam juga untuk teman teman cardtopost yang sudah mengenalkan saya dengan program ini. Salam juga untuk kamu yang sudah mau menyempatkan waktu untuk membaca ceritaku yang lebih mirip curhat haha~ .
Request lagu salam mataharinya deu galih dong buat matahari yang sebentar lagi terbit. Terimakasih semuanya 🙂
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1730 #30hbcsalam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s