#30HariBercerita Sesi Pertama – 2016

Capture

sumber foto: instagram.com/30haribercerita

Ajakan 30 hari bercerita mucul diakhir tahun 2015 dan akan dimulai pada awal tahun 2016. Saya senang ada program unik seperti ini yang membuat kita terus aktif untuk berkreasi. Cerita dibagikan lewat instagram dan setiap harinya kita harus rutin membuat satu cerita yang baru untuk dibagikan kepada teman – teman yang akan menyimak cerita kita. Saat ini sudah memasuki hari ketigapuluh yang merupakan hari terakhir untuk bercerita. Jika kamu ingin menyimak cerita yang sudah kutulis, kamu bisa berkunjung ke akun instagram saya di @aga_ridwan . Jika penasaran dengan cerita teman – teman yang lain, kamu bisa mencarinya di instagram dengan hashtag #30haribercerita dan juga @30haribercerita . Selamat menyimak cerita 🙂

#Hari ke-1

~Awal~
Awal adalah sebuah titik dimana kita memulai sesuatu. Banyak yang menjadikan hari pertama di bulan pertama sebagai awal dari semua rencana dan harapan. Namun, bagi saya awal dari harapan dan rencana saya adalah ketika telah ditetapkan sebagai seorang sarjana.
Awal dari harapan dan perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Daftar perusahaan yang menjadi incaranpun sudah dibuat. Seleksi dimulai sesaat setelah hari kelulusan. Psikotes, tes kemampuan, diskusi grup sampai wawancara sudah pernah saya lewati namun belum mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.
Saat ini saya sedang mengawali karir dibidang konsultan teknik. Berawal dari ajakan dosen pembimbing saya untuk membantu proyek yang sedang ditanganinya, saya jadi belajar sesuatu yang baru yang belum pernah saya kerjakan selama masa kuliah. Sembari terus berusaha, saya akan mencoba untuk memberikan yang maksimal untuk pekerjaan yang sedang saya kerjakan saat ini. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk karir saya kedepannya. Aamiin.
@30haribercerita
#30haribercerita #30hbchari1

#Hari ke-2

~Gitar~
Trak truk tek tek nggk, begitulah bunyi suara gitar ketika saya mulai belajar bermain gitar saat kelas 3 smp. Gitar yang saya mainkan belum sampai berbunyi jreeeeng seutuhnya. Saya heran dengan paman saya yang begitu cepatnya belajar gitar dan langsung bisa memainkan satu lagu utuh. Saya berpikir mungkin bakat saya bukan dalam musik.
Intro lagu black amplifier milik The SIGIT terdengar begitu renyah ditelinga saya. Rekti dkk berhasil menggugah kembali minat saya untuk belajar bermain gitar. Saya berangkat kerumah saudara saya untuk minta diajari cara memainkan lagu tersebut tapi sayangnya tangan saya masih kaku untuk bermain gitar. Dua minggu saya diajari untuk melakukan senam jari, menekan seluruh fret gitar secara berurutan dari kiri sampai kekanan dan dari atas sampai kebawah.
Akhirnya tiba juga waktu untuk berlatih memainkan chord, dimulai dari chord yang mudah disusun seperti A sampai dengan chord G yang sulit dijangkau untuk pemula seperti saya. Lucunya lagu pertama yang dipelajari bukanlah lagu yang saya inginkan sejak awal karena butuh kemampuan satu tingkat diatas lagi untuk bisa menggeser geser tangan diatas gitar dengan cepat. Lagu pertama yang saya pelajari adalah lagu milik Sherina yang berjudul Ku Bahagia. Kenapa lagu itu? Itu karena majalah gitar yang berisi kumpulan chord gitar yang saya beli seharga lima ribu rupiah selalu saya bawa saat latihan. Menimbang – nimbang lagu mana yang mudah untuk dipelajari dan pilihan jatuh pada lagu ini.
Tiga bulan berselang semenjak saya belajar senam jari, memainkan lagu Sherina dan mencoba lagu ini itu dari majalah yang saya beli akhirnya saya bisa memainkan lagu black amplifier milik The SIGIT. Betapa senang rasanya bisa memainkan lagu yang saya senangi. Tak lama kemudian saya membentuk band yang bernama The Insurgent yang khusus membawakan lagu – lagu milik The SIGIT.
Anyone can play guitar, begitu kata Radiohead. Untuk kamu yang sedang belajar bermain gitar, ayo terus semangat pasti bisa. Lagu kesukaan bisa melipatgandakan motivasi untuk belajar. Selamat bermain gitar.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari2

#Hari ke-3

~Kucing~
Meeong meoong meooong, terlihat kucing dipinggir jalan dekat toko sablon didaerah surapati. Pagi itu saya baru selesai jalan pagi dan bertemu kucing ini. Perlahan dia mendekati dan menggosokkan tubuhnya pada kakiku. Saya coba lompat kesamping, dia mencoba meraih kakiku kembali. Keresek hitam isi brokoli yang kupegang dijadikan sebagai pengalih perhatian untuk si kucing dan dia mencoba meraih keresek itu sampai merasa mengantuk dan kembali tidur.
Kucing adalah bintang favorit saya, mereka lucu, menggemaskan dan mengeong. Ada beberapa kucing yang ikut menginap disaung depan rumahku. Biasanya mereka bangun bersamaan dengan pintu yang saya buka. Muka mengantuknya masih terlihat, jika sudah bangun biasanya dia ngulet – ngulet sambil cakar – cakar karpetnya. Abis itu dia cari sarapan pagi ditempat lain dan kembali siang hari untuk cari makan ditempatku.
Semenjak saya pindah kekosan dan jarang dirumah, seringnya berjumpa dengan para kucing yang suka nongkrong pagi dan sore dipinggir jalan dekat gerbang besar berwarna merah. Beberapa kucing terlihat ada didalam garasi, mungkin kucing itu adalah peliharaan pemiliknya. Saya suka kucing tapi saya tidak mau untuk memelihara kucing. Pengalaman memelihara binatang yang lain membuat saya enggan untuk memelihara binatang kembali. Saya merasa berdosa jika hewan yang saya pelihara meninggal karena saya bertanggung jawab atas mereka. Maka dari itu, sekarang saya menjalin pertemanan dengan para kucing sebagai teman, bukan sebagai pemelihara dan peliharaan. Sudah banyak kucing yang saya temui. Mereka tahu tempat tinggal saya, akan tetapi mereka curang tidak memberitahu tempat tinggal mereka masing – masing hahaha~ Meooong meoong yang artinya have nice day :3
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari3

#Hari ke-4

~Mocca~
Perkenalan saya dengan mocca dimulai sejak masih sekolah dasar, album pertama milik mocca sering terdengar dirumah saya. Saat itu saya masih kecil dan belum begitu mengerti dengan mengagumi sebuah grup musik. Beranjak dewasa, saya sering menyaksikan video clip The best thing milik mocca diputar di IMTV sampai saya tergerak untuk membeli album yang ada lagu ini didalamnya.
Salahsatu toko musik terkenal di kota Bandung adalah aquarius yang ada di Dago. Niat awal datang kesana adalah membeli album yang ada lagu the best thing didalamnya sehingga saya memutuskan untuk membeli colours. Akan tetapu beberapa minggu kemudian saya kembali untuk membeli album my diary karena kemasan kedua album ini lucu sekali dan minta dibawa pulang.

Pertemuan saya dengan mocca dimulai setelah saya membeli album my diary. Saat itu mocca akan menggelar acara bertajuk secret show 3 yang tempat dan waktunya masih dirahasiakan. Saya bergabung menjadi swinging friends (sebutan untuk fans mocca) dan datang ke kantor mereka didaerah cikutra dengan niat mendaftarkan diri serta berharap bisa bertemu dengan personilnya. Ada indra disana, saya menyodorkan albumnya dan diam karena malu. Lalu ditanya album lainnya mau ditandatangan juga? Engga yang ini aja, album coloursnya dirumah.

Waktu yang dinantikan sudah tiba, saatnya menyaksikan penampilan mocca ditempat rahasia. Mocca masuk dan langsung tancap gas menyanyikan lagu mereka selama hampir dua jam. Saya kembali membawa album yang sebelumnya sudah ditandatangani indra untuk melengkapi semua personilnya. Acara usai, saya ikut bersama rombongan penonton yang berniat bertemu mereka juga. Ada arina disana yang sedang sibuk dengan spidolnya, perlahan saya terdorong kedepan dan arinapun membubuhkan tandatangannya dialbum my diary milik saya. Toma dan Riko menyusul melegalisir albumnya supaya sah. Saya pulang dengan hati gembira karena berhasil menyaksikan pertunjukkan mereka untuk pertamakalinya sekaligus berhasil bertemu dengan mereka. Swing it Bob mengalun terus dikepalaku menemani perjalanan pulang kerumah kearah selatan Bandung.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari4

#Hari ke-5

~Menabung~
Bing beng bang yuk kita ke bank
Bang bing bung yuk kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung…..
Begitulah cara Saskia, Geofanny, dan Tante Titiek Puspa mengajak kita semua menabung lewat musik anak – anak yang biasa kita dengar dari kecil.

Saya punya dua cara untuk menabung, cara pertama untuk pecahan kecil seperti koin dimasukkan kedalam toples supaya mudah memasukkannya dan enak dipandang jika terisi penuh. Yang kedua untuk pecahan besar, biasanya saya tabungkan di bank. Terasa sekali jika saya membawa pecahan besar dalam jumlah cukup banyak rasanya mata tahu kemana dia pergi untuk menggoda uang agar berhamburan keluar dan terjun bebas ke mesin kasir. Maka dari itu saya membawa uang secukupnya saja.

Keuntungan yang saya dapat dari menabung adalah punya cadangan uang untuk hal – hal yang tidak terduga. Misalnya harus bepergian keluar kota beberapa kali dalam sebulan, jika tidak dipersiapkan sebelumnya maka bisa menghabiskan anggaran yang lain. Atau disimpan untuk membeli sesuatu dikemudian hari, rumah misalnya.
Jajan sih boleh saja, sisihkan buat nabung. Belanja sih boleh saja, tak lupa nabung. Begitu kata Tante Titiek Puspa. Nabung yuk! @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari5

#Hari ke-6

~Tes~
Hari ini saya sedang melakukan tes kerja diperusahaan bantalan luncur didaerah cikarang. Berangkat dari kota Bandung sore hari menumpang mobil temannya paman sampai ke cikarang setelah sebelumnya hujan – hujanan untuk sampai ke tempat yang dijanjikan.

Sepanjang perjalanan pak Dadan bercerita soal pengalaman bekerja di Bandung selama 5 tahun dan sekarang menjalankan usaha bersama paman saya. Sambil mendengarkan cerita, saya tersadar kalau sepatu sebelah kanan saya kemasukkan air tapi sebatas kaos kakinya saja. Ingin melepas tapi tak enak, tapi perlahan kulepas juga biar nyaman kakinya sambil terus mendengarkan cerita beliau.
Tadi malam saya menginap dirumah paman saya dan pagi ini langsung berangkat kelokasi tes. Diantarkan sampai ke gerbang, tak lupa saya berterimakasih banyak sudah bersedia mengantarkan saya kemari. Tes pertama adalah psikotes, entah sudah berapa kali saya mengikuti psikotes tapi yang pasti saya menikmati proses psikotes tersebut. Dilanjut dengan wawancara hrd yang cukup singkat sekitar 10 menit saja. Setelah makan siang nanti akan diumumkan siapa saja yang lolos ketahap berikutnya yaitu wawancara bersama user. Wish me luck.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari6

#Hari ke-7

~Krenyes~
Ikan apa yang gak bisa gerak? …………… Ikan paus, karena harus di play biar bisa gerak. Begitulah jenis candaanku garing krenyes krenyes kayak kerupuk. Beberapa teman pasti pernah mendengar itu. Entahlah mungkin diriku tak ada bakat membuat candaan yang benar – benar lucu sampai membuat orang terpingkal – pingkal. Seringnya membuat orang mengelus dada dan mengucapkan astagfirulloh.
Aku jadi penasaran apakah sule pernah melontarkan candaan yang tidak lucu juga ya? Soalnya dia gak ngelucu juga tetep bikin orang ketawa apalagi gaya pura – pura nangisnya. Kita selalu bisa dibuat tertawa oleh para pelawak, tapi apakah pelawak pernah dibuat tertawa oleh yang lain? Siapa yang tahu jika dibalik tawa yang mereka ciptakan tersimpan stres dan depresi? Pelawak harus selalu menampilkan sisi terbaiknya didepan umum, mungkin orang terdekatlah yang mau dan mampu mendengarkan cerita mereka. Setidaknya begitu menurut pendapat pribadiku.

Keripik apa yang bikin ngeri? …….keripik setan, karena keripiknya terbuat dari setan hahaha~
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari7

#Hari ke-8

~Scooby-doo!~
Tiap sore saat masih kecil dulu saya sering menyaksikan kartun scooby di salah satu stasiun televisi. Mobil yang digunakan oleh mereka punya ciri khas tersendiri baik secara warna dan bentuk. Namanya mistery machine, mobil ini sudah mengalami beberapa kali perubahan secara tampilan. Akan tetapi, model dari mistery machine yang sering saya lihat adalah model pada zaman sekarang. Saya menyengajakan diri untuk mencari diecast dari mobil ini. Cukup mudah mencarinya karena kebetulan sekali mobil ini memang dirilis pada saat saya mencari jadi stoknya masih banyak dengan harga yang normal pula.

Kenapa namanya mistery machine? Mungkin karena mobil ini adalah mesin yang membawa mereka kedalam macam – macam mistery yang harus mereka pecahkan. Film scooby yang terakhir saya tonton adalah Scooby-doo! Wrestlemania Mistery. Dalam film tersebut scooby berhasil memecahkan trik tersulit yang ada dalam video game dan diundang untuk datang ke kota WWE untuk menyaksikan secara langsung pertandingan gulat yang ada disana. Terdapat sabuk kejuaraan yang tersimpan dengan penjagaan maksimal dikota itu. Scooby telah dihipnotis oleh seseorang untuk mencuri sabuk itu dan ketahuan oleh kamera pengawas. Untuk menebus kesalahannya, scooby dan shagy harus duel melawan Kane. Ditengah duel, monster beruang datang untuk mengacau. John Cena dan kawan – kawan datang membantu sampai pada akhirnya monster tersebut bisa dikalahkan. Dibukalah topeng beruang tersebut hingga ketahuan siapa pelakunya, sabuk tersebut aman dan scooby terbebas dari tuduhan pencurian sabuk itu.
Alur cerita film scooby sebetulnya sederhana. Mereka datang ke suatu tempat, ada misteri, ada monster, pada akhirnya mereka mengungkap siapakah orang yang menyamar jadi monster tersebut. Tapi sampai saat ini saya suka dengan film ini karena tiap cerita menarik dan ada unsur komedi didalamnya. Kapan kamu terakhir menonton scooby-doo? @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari8

#Hari ke-9

~Awan~

Dari dulu saya senang melihat awan. Bisa bengong berlama – lama untuk merhatiin bentuk – bentuk yang dihasilkan sama awan. Berimajinasi kalau awan sedang main tebak – tebakan sama kita. Seringnya melihat awan dari bawah, tapi pernah melihat awan dari atas juga yaitu didaerah darajat garut. Kalau dari bawah awan jadi beragam bentuknya. Kalau dari atas bentuknya satu tapi membuat kita takjub melihatnya. Bentuknya seperti laut yang banyak buihnya, mirip albumnya pink floyd yang endless river keren.

Awan biasanya main tebak tebakan siang hari pas saya lagi dalam perjalanan. Ketika berhenti dilampu merah, seakan awan manggil gini ‘tebak nih Ga, sekarang saya lagi berubah jadi bentuk apa?’. ‘Kamu lagi berubah jadi burung yang dipakai jadi logo distadion si jalak harupat ya? Kamu pasti habis nonton pertandingan bola disana ya?’. ‘Kalo sekarang jadi apa?’. ‘Saya melihat kamu sedang berubah menjadi anjing yang lagi istirahat, kelihatan tuh kepalanya lagi nempel kerumput’. @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari9

#Hari ke-10

~Jabodetabek~

Saya termasuk orang Bandung yang jarang bepergian keluar kota, seringnya keliling – keliling Bandung saja. Saat masih sekolah dasar, saya ke Jakarta untuk main ke Dufan saja. Saat masih Stm, saya kesana untuk kunjungan industri saja.
Saya tidak tahu apakah semua orang Bandung merasakan hal yang sama jika bepergian keluar Bandung, soalnya saya tidak begitu tahan dengan cuaca yang panas. Saya pernah menobatkan salahsatu kota dengan nama sauna raksasa karena saya menunggu dipinggir jalan saja sudah mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Mungkin kalau saya tinggal cukup lama disana bisa agak kurusan dikit karena olahraga dikit keluar keringetnya dobel. Saya sudah pernah mengunjungi kota – kota yang ada dalam singkatan tersebut dan sedang menuju salahsatu kota untuk dikunjungi kembali.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari10

#Hari ke-11

~Teruntuk Kesempatan~

Jarak, waktu, rindu, aku dan kamu telah diberi kepercayaan kembali oleh kesempatan. Kesempatan membuat jarak semakin dekat, waktu semakin luang, rindupun terbayarkan karena aku dan kamu berjumpa hari ini. Dalam lagu 168 monita bilang cinta bukan tentang menanti dan menunggu, tetapi memang telah waktunya ‘tuk bertemu.
Bertukar cerita tentang apapun memang selalu menarik jika bersamamu. Ditemani lagu yang mengalun dari satu set earphone untuk berdua, hujanpun turun memberi tambahan waktu untuk saling menikmati senyum yang ditunggu setelah sekian lama menatap layar telfon untuk menikmati senyummu. Tak lupa telinga merekam tawa yang selanjutnya disalurkan pada kepala dan hati.
Semoga semesta selalu memberikan kesempatan kepada kita. Terimakasih banyak untuk semuanya, senang bersamamu 🙂
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari11 #30hbcteruntuk

#Hari ke-12

~Warna~
Apa warna kesukaanmu? Kenapa suka warna itu? Saya pribadi gak tahu persis alasan kenapa saya menyukai warna yg menjadi favorit saya. Katanya setiap warna punya arti masing – masing dan bisa menggambarkan orang yang menyukai warna tersebut.
Saya senang mewarnai, peralatan gambar yang biasa saya pakai adalah pensil warna dan crayon. Meskipun gak jago gambar dan mewarnai, tapi saya berusaha untuk mencobanya. Buku gambar atau sketsa saya tak punya. Biasanya saya menggambar dikertas duplek ukuran 16 x 11 cm lalu dikirimkan kepada teman – teman melalui pos. Biasanya saya menggambar ulang sesuatu yang sudah ada sambil mengasah kemampuan apakah bisa menggambar hal tersebut atau tidak. Saya juga tidak tahu apakah semua orang suka gambar yang saya kirimkan kepada mereka. Semoga mereka semua suka hahaha~ Dari foto diatas pasti ketahuan warna kesukaan saya. Coba cari pensil warna yang pendek dan sering dipakai, nah itu dia warna favorit saya. Oh iya saya lagi cari diskon pensil warna sama crayon, siapa tahu kamu punya pabriknya hehehe~

Kalo kamu suka menggambar juga? @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari12

#Hari ke-13

~Sarapan~
Suka makan apa pas sarapan pagi? Kalau saya suka makan nasi kuning. Kalau dirumah, ada nasi kuning dekat kantorpos Banjaran. Kalau dikampus, ada nasi kuning dekat kantorpos Sarijadi. Kalau dikosan, ada nasi kuning dekat kantorpos Cikutra. Entah kenapa penjual nasi kuning yang enak ditempatku seringnya dekat – dekat kantorpos.

Nasi kuning di Banjaran cepat habis, jam 6 saja sudah tinggal menyisakan beberapa porsi saja karena memang seenak itu nasi kuning disana meskipun porsinya sedikit. Nasi kuning di Sarijadi porsinya cukup banyak, biasanya saya memakai tambahan tahu dan tempe sebagai lauknya. Di Cikutra, penjual nasi kuningnya menjual beberapa jenis makanan selain nasi kuning yaitu lontong kari dan bubur ayam. Tapi, saya tetap memilih nasi kuning dengan porsi menengah sebagai menu sarapan saya ditambah bakwan biar makin mantap.

Sudah sarapan tadi pagi? Kalo belum, yuk makan siang.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari13

#Hari ke-14

~Bjork~
Awal mula saya mendengarkan musik milik Bjork adalah ketika memutar album colours milik mocca. Pada album tersebut terdapat lagu Hyper-Ballad yang jika saya mendengarkannya seperti terasa sedang berada diatas gunung melihat barisan pohon yang ada dibawah kita sambil menarik napas panjang tanda rasa nyaman. Lalu beberapa waktu kemudian saya tahu kalau lagu tersebut milik bjork dan mocca membuat aransemen ulang untuk lagu tersebut. Ternyata beat pada lagu aslinya lebih cepat dan feel yg dirasakanpun ikut berbeda. Rasanya seperti sedang dikejar – kejar sesuatu sambil merasa gelisah. Padahal lagunya sama tapi jadi berbeda ketika dibawakan oleh dua musisi yg berbeda.

Saya termasuk orang yang kesulitan untuk mencerna musik milik Bjork. Saya menyiasatinya dengan cara mencari lagu populer miliknya yang biasa didengarkan oleh orang banyak. Mendaratlah saya di youtube dengan lagu It’s Oh So Quiet, alunan lagunya sedikit lambat diawal lalu berubah meninggi pada bagian reff. Saya jadi ingat astrid juga pernah membawakan lagu ini diacara net music everywhere dan keren juga. Lalu saya mencoba satu persatu music Bjork dari album awal sampai album yang sekarang sehingga punya lagu kesukaan diantaranya Joga, Declare Independence, Cristalline dan masih banyak lagi kalau harus disebutkan satu persatu. Adib hidayat pernah bilang jika ada kontes musik antar planet, maka yang paling cocok untuk mewakili planet bumi adalah Bjork.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari14

#Hari ke-15

-lost-

#Hari ke-16

~Lebah~
Madu memang enak tapi lebahnya berbahaya. Pernah saya disengat lebah satu kali. Lebahnya kecil tapi sengatannya lumayan bikin hilang fokus karena kesakitan. Tapi aneh, lebah yang menyengat saya cuma satu ekor saja, biasanya kan lebah suka bergerombol kalau mau kemana – mana.

Lebah bekerja seharian utuk mengumpulkan madu disarangnya. Saya jadi kepikiran ada salah satu kawasan industri di Bandung selatan yang jika mereka bubaran pabrik mirip kayak lebah yang keluar dari sarangnya, membludak. Saya sering lewat kesitu, kalo sore hari kamu harus menunggu semua lebah itu berpencar terlebih dahulu baru bisa melanjutkan perjalanan. Fenomena uniknya adalah setiap lebah mau bubaran, sudah ada lebah lain yang menjemput dan siap dipinggir jalan. Entah itu pasangannya, kerabatnya atau transportasi umum untuk lebah. Satu jam sebelumnya mereka sudah standby, aku selalu penasaran ingin tahu apakah lebah penjemput itu menjadi lebah pekerja ditempat lain juga atau tidak karena mereka sepertinya punya waktu luang yang banyak tapi aku tidak jadi bertanya karena nanti kena sengat hahaha~ Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek dikawasan industri Bandung selatan. @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari16

#Hari ke-17

~Berkendara~
Hari ini kali pertama saya mencoba berkendara dari Bandung menuju Cikarang menggunakan sepeda motor. Biasanya saya menggunakan bis yang melalui jalan tol dan langsung tiba ditempat tujuan. Kali ini, saya mencoba jalur sepeda motor. Jalur yang saya lalui adalah cimahi-padalarang-purwakarta-cikampek-karawang-cikarang.

Sewaktu di Cimahi menuju padalarang jalanan agak macet karena ada didalam kota dan merupakan jalan keluar tol padalarang. Selanjutnya belok kearah purwakarta dengan disambut hujan yang cukup lebat tapi saya terus melanjutkan perjalanan supaya tidak kemalaman. Masuk ke cikampek, saya bertanya kepada salah satu ibu yang baru menyebrang jalan tapi dia agak sedikit ketakutan mungkin karena saya tiba – tiba berhenti dan bertanya “bu, arah bekasi kesini kan?” Ibu tadi mengiyakan sambil memasang muka takut karena baru lihat orang asing. Dikarawang, panas terik sudah siap menyambutku dengan jalanan lurus yang terbuat dari beton. Sampai disana, saya mulai hapal daerahnya, soalnya saya hanya mengandalkan ingatan dan papan penunjuk jalan saja. Kalo pake gps nunjukkin ke jalan tol mulu soalnya.

Sampai dicikarang, saya lihat papan nama tempat makan bertuliskan ‘sop janda’. D’oh ngeri juga namanya tapi sudahlah saya tak mau lihat janda dan sop hahahaha~ Tapi sekarang saya sudah sampai disini dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari17

#Hari ke-18

~Pertama~
Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama saya bekerja. Terimakasih banyak untuk keluarga, teman2, kekasih dan juga semua pihak yang sudah membantu dukungan dan doa.

Berangkat dari Bandung hari minggu, hari senin saya sudah mulai masuk. Untuk hari pertama, saya diantar kembali oleh paman saya karena selama masa training belum diperbolehkan membawa kendaraan pribadi. Maka dari itu saya ikut menggunakan kendaraan jemputan yang disediakan oleh perusahaan.

Hari pertama diisi dengan perkenalan dan juga jalan – jalan memutari pabrik untuk mengetahui setiap sudutnya. Selanjutnya saya akan langsung masuk kebagian yang telah ditentukan. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kedepannya. Aamiin.

Bismilahirrohmanirrohim.

Sekali lagi terimakasih banyak semuanya 🙂 @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari18

#Hari ke-19

Budi bermimpi, ia dan ibunya pergi menonton konser. Bu emang ibu mau nonton siapa disini?, tanyaku. Ibu mau nonton neng arina dari mocca itu lho bud, jawab ibu. Saya baru tahu kalau ibu ternyata mau nonton arina kesini. Dia hampir hapal semua lagu yang dibawakan oleh arina malam itu.

Selepas manggung, ibu mengajak saya kebelakang panggung. Lho kok kita kesini bu?, tanyaku. Ntar juga tahu bud, sahut ibu. Terlihat diujung ruangan arina sedang duduk dan mengobrol bersama rekannya. “Hai neng arina, masih inget sama aku gak?” “Inget atuh teh, teteh kan idola saya waktu dulu, masih nyanyi di The Tiq gak?” “Udah lama kan engga, aku kan manggung terakhir waktu duet sama kamu, habis itu kan aku fokus sama persiapan pernikahanku”. Dari sini, saya cuma bisa kagum sama ibu saya, ternyata dulunya dia adalah seorang penyanyi band yang cukup terkenal disini. Bahkan saya juga sering mendengarkan musiknya tapi gatau kalau itu ibuku. “Ayah, iya saya harus tanya ayah apakah dia tahu soal ini” Saya mencoba menghubungi ayah tapi tak bisa karena kehabisan pulsa. Dipagi harinya, saya coba tanya ayah apakah dia tahu soal ini. Ayah menjawab tidak tahu, ayah tahunya ibu adalah seorang pekerja diperusahaan milik pemerintah. Aku tanya ibu biar yakin, ibu menjawab tidak tahu juga. Yasudah mungkin semalam saya bermimpi. Begitu lewat kedepan layar televisi, saya melihat video clip milik The Tiq. Naaaah ini kan ibu, jadi semalam aku tidak bermimpi. Buuuuu, ibuuuu lihat ini……..
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari19 #30hbcmengarang

#Hari ke-20

~Jemputan~
Pukul 6.30 saya sudah berdiri dipinggir jalan menuju tol cikarang barat. Sebelumnya sudah janjian sama supir jemputan dari pabrik. Tapi saya tidak tahu pasti jam berapa dia berangkat dari tempat pertamanya karena saya merupakan yang terakhir dijemput.

Sekarang sudah pukul 7.00 dan saya cukup was was karena saya masuk pukul 8.00 tapi mobil belum juga datang. Tigapuluh menitpun berlalu, saya makin sering liatin jam. Akhirnya mobil jemputan tiba bersama beberapa orang didalamnya. Limabelas menit kemudian sampailah saya dikantor. Ternyata secepat itu kekantor jika lewat jalan tol. Berarti esok hari saya datang jam 7 saja biar gak kelamaan nunggu. Karena menunggu itu adalah ngantosan.

Pulang pergi saya cukup hapal orang – orangnya karena pergi dan pulangnya hampir sama orang yang searah dengan tujuan saya. @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari20

#Hari ke-21

~Tidur~
Orang – orang bisa begadang semalaman dengan tidur yang sedikit tapi tetap terlihat segar saat bangun dipagi hari. Mereka juga bisa tidur saat mereka ingin tidur.

Saya termasuk orang yang tidak bisa begadang semalaman. Jika saya begadang semalaman, saya akan terlihat seperti panda yang suka makan bambu. Seringnya saya tertidur saat menempel dikasur dan bantal sekalipun saya tidak ingin tidur saat itu dan tiba – tiba terbangun karena saya tahu saya ketiduran.

Saya ingin menangani masalah saya yang mudah tertidur ini. Saya tidak mau meninggalkan percakapan ditengah – tengah hanya karena saya tertidur lebih dulu. Saya tidak mau melewatkan percakapan yang seharusnya terjadi hanya karena saya tertidur sehingga percakapan tersebut terlewat. Semoga saya bisa menangani permasalahan mudah tertidur ini. Aamiin.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari21

#Hari ke-22

~Kaku~
Saya tidak pernah ikut paskibra karena agak kaku kalau baris berbaris. Coba bayangkan disuruh jalan tapi tangan kanan dan kaki kanan bergerak bersamaan. Lucu sekaligus aneh, lucu karena jalannya jadi kaku dan aneh karena itu terjadi saat itu saja. Soalnya kalau jalan biasa gak pernah kayak gitu.

Kekakuan yang lain adalah ketika jalan di lorong terus papasan sama orang, terus dia ikut kemana kita menghindar. Terus kalo lagi naik kereta terus pas banget mukanya menghadap muka kita hahaha~ Apa lagi ya?
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari22

#Hari ke-23

~Pulang~
Hari ini saya pulang. Lima hari terasa lama sekali ketika saya berada diluar Bandung. Mendengarkan lagu pulang milik float membuat saya ingin cepat sampai di Bandung. Meskipun pulang dan hanya tidur dirumah, tapi itu rasanya menenangkan.

Banjaran, syukurlah jika kamu pernah mendengarnya. Kalau belum pernah, coba cari tahu sedikit di google atau saya ceritakan sedikit. Banjaran terletak di Kabupaten Bandung didaerah Bandung Selatan. Disana masih terdapat delman sebagai angkutan umum menuju desa lainnya, letaknya ada di alun – alun Banjaran. Ada kantorpos 40377 didekat sana. Ada tukang nasi kuning juga didekat sana. Ada tukang cireng isi didaerah stasion, waktu smp saya sering beli disana bahkan setelah lulus smp pun saya masih menyempatkan untuk membeli disana tapi sekarang tidak tahu apakah masih ada atau tidak.

Untuk menuju Banjaran dimusim hujan, kamu harus mengetahui dulu berita banjir di televisi. Tidak, banjaran tidak kena banjir tapi akses menuju kesini yang terputus karena banjir. Bisa dibilang kalau banjir melanda, banjaran terisolir. Jalan yang bisa ditempuh untuk menuju kota Bandung adalah lewat jalan Soreang – Kopo karena cukup aman dari banjir. Kamu boleh berkunjung kesini kalau mau.

Saat ini masih berada di bus primajasa km.87 menuju Bandung dan rasanya ingin segera sampai.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari23

#Hari ke-23 Tema Hidup

~Reborn~
Setiap hari aku selalu mengantarkan orang – orang yang hendak pulang pergi dari Pangalengan ke Bandung dan begitupun sebaliknya. Mulai dari pelajar, guru, karyawan sampai petani yang baru panen sayuran dan hendak dikirimkan ke kota Bandung. Dari pagi buta aku sudah merasakan dinginnya aspal. Sekali jalan, aku bisa menempuh puluhan kilometer dengan waktu tempuh berjam – jam.
15 tahun aku menjalani hari dengan menikmati berbagai ekspresi dari para penumpangku. Dua tahun yang lalu ditandai dengan seringnya aku batuk dan mengeluarkan asap yg pekat, satu persatu komponen yang ada pada diriku ikut sakit juga. Sampai akhirnya pencernaanku sudah tidak lancar lagi karena ruang bakarku mengalami kebocoran pada piston pertamaku. Akhirnya akupun beristirahat dan mati suri selama dua tahun sembari pemilikku mencarikan komponen untukku yang sudah mulai jarang ditemui dipasaran.
Tiga bulan lalu, semua komponen yang aku butuhkan sudah tersedia digarasi sang pemilik. Dia yang paham betul seluk beluk diriku karena dia sudah biasa merawatku ketika aku sakit. Hari ini aku bangkit dari mati suri di bengkel yang terletak dikaki gunung yang sejuk. Kenalkan nama baruku “Elf Reborn” yang siap menikmati setiap ekspresi para penumpangku. Hal yang pertama ingin aku lakukan setelah hidup kembali adalah bolak balik Bandung – Pangalengan 5 kali balikan. Yuk berkunjung ke Pangalengan jika mau bertemu denganku. Pangalengalengalengan Banduuuuung~
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari23 #30hbchidup

#Hari ke-24

~Postcard~
“Ko dibawa kesana lagi? Mau bikin kartupos lagi disana?” “Iya, abis kalo pulang kerja gatau mesti apa, kalo ini dibawa kan jadi ada kerjaan.” Begitulah mamahku bertanya sebelum saya berangkat ke cikarang lagi.

Agak repot memang jika harus membawa semua perlengkapan yang ada dirumah yang biasa dipakai membuat kartupos. Hari ini saya membawa beberapa kartupos yang sudah jadi saja. Saya membawanya karena ada beberapa kartu yang datang ketika saya pulang kerumah, selain itu ada beberapa kartu yang belum saya balas. Jadi, rencananya saya akan menulis balasan dan memberi kabar kepada beberapa teman sesampainya disana.

@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari24

#Hari ke-25

~Sakit~
Sakit itu tidak enak. Pala puyeng. Batuk ngagohgoy. Hidung meler. Napas jadi hangat. Pikiran jadi gak fokus. Keringet dingin keluar terus. Efek hujan beberapa hari ini membuatku begitu. Padahal sih kehujanannya dikit tapi jadi parah karena badan lagi gak fit.

Sambil menunggu semuanya reda, saya makan kue cikur yang saya sebut tik tuk. Semenjak sd saya suka sekali kue ini. Bentuknya bulat, warnanya orange, kalau digigit agak keras tapi itulah kenapa saya menyukainya. Saat ini saya hanya bisa mendapatkannya dipasar banjaran saja karena dicikarang gak nemu yang kayak gini. Kata mamahku, produksi kue ini dari garut dan dikirim ke distributor banjaran dalam bentuk satu bal atau satu keresek besar berisi untaian kue cikur. Masuk ke kios dipasar dalam untaian. Saya beli satu untai, tapi rasanya gak cukup soalnya sekarang tinggal 2 bungkus lagi. Semoga kue ini terus diproduksi karena saya termasuk penggemar setia kue ini.

Habis ini lanjut istirahat lagi hahaha~
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari25

#Hari ke-26

~Butterfly~
Kupu – kupu buatan itu hinggap ditaman kupu – kupu yang terletak di pintu keluar gerbang tol CIkarang Barat persis dibawah jalan layangnya. Ada beberapa kupu – kupu buatan yang terpasang disana, semuanya adalah kupu – kupu buatan. Kemana perginya semua kupu – kupu asli? Apakah mereka tidak suka taman buatan? Apakah mereka tidak suka keramaian? Apakah mereka masih ada?

Banyak sekali yang saya ingin tahu dari para kupu – kupu tersebut andai saya bisa berbincang santai bersama mereka. Dirumahku juga termasuk jarang melihat kupu – kupu padahal ketika sd dulu jumlah mereka cukup banyak dan bisa ditemui kapan saja. Sudah jarang memang, tapi masih ada beberapa kupu – kupu yang bisa dijumpai jika mereka kebetulan lewat depan wajahmu. Atau ketika kamu bersama orang yang kamu sukai, banyak kupu – kupu yang beterbangan kesana kemari seperti dalam lagunya mocca yang bunyinya begini: “I have butterflies flying around inside my tummy when i’m with you.”

Yap sambil meyimak cerita tentang liburanmu saat ini, banyak kupu – kupu disini menemaniku juga. @30haribercerita #30haribercerita #30hbchari26

#Hari ke-27

~Bearing~
Entah kita sadar atau tidak, tahu atau tidak, peduli atau tidak, yang pasti bearing ada disekitar kita semua. Apa itu bearing? Bearing adalah sebuah komponen mesin yang digunakan untuk membuat putaran pada sebuah poros menjadi lebih lancar karena berkurangnya gaya gesek pada poros tersebut. ~
Saya pun baru tahu beberapa penggunaan bearing sesuai dengan proses produksi dan jenis bearingnya. Umumnya jenis normal bearing sering kita lihat ketika melakukan servis kendaraan. Salahsatunya terdapat pada roda sepeda motor, jika belum pernah melihatnya coba nanti iseng aja tanyain sama mekaniknya soal wujud bearing seperti apa. ~
“Ini tipe 608, satu tipe saja bisa bermacam – macam spesifikasinya sesuai penggunaan nantinya.” begitu kata pembimbing saya disini. Sedikit demi sedikit saya mulai tahu tentang jenis bearing yang diproduksi disini. Kebanyakan jenis yang diproduksi adalah jenis small bearing yang biasa diaplikasikan pada AC dikendaraan. Saya coba memutar bearing tersebut dan ssssrrrrrrrr berputar lancar sekali menandakan gaya gesek yang terjadi kecil sekali karena termasuk komponen mesin yang cukup presisi. Tingkat kepresisiannya lebih kecil dari angka yang muncul dipenggaris kita. Kalau ukuran bearing terkecil disini dibandingin sama bakso kayaknya masih lebih besar ukuran bakso deh hehehe~
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari27 #30hbcmenggambar

#Hari ke-28

~Rectoverso~
Baru saja saya menyaksikan video musik dari Gamaliel Audrey Cantka yang berjudul Cinta. Awalnya saya sering mendengar lagu ini diputar diradio setiap pagi hari saat akan berangkat bekerja. Musik dan liriknya bagus membuat saya jadi penasaran seperti apa videonya. Setelah ditonton, cukup membuat terkejut karena tidak dapat ditebak oleh saya yang baru menyaksikannya pertamakali. Bercerita tentang sepasang kekasih yang bahagia berbagi cerita dan tawa. Ditengah cerita, diperlihatkan kalau sang kekasih ternyata seorang pilot dan mulai bisa ditebak akan seperti akhir cerita yang akan tragis tersebut.

Video tersebut mengingatkan saya pada salahsatu cerita pada film rectoverso yang bertemakan firasat. Rectoverso adalah kumpulan beberapa film yang diatur sedemikian rupa sehingga membuat saya betah menyaksikannya berulang kali. Dalam firasat diceritakan seorang wanita yang mempunyai firasat tentang seseorang yang ia kasihi. Dia berusaha sekuat tenaga menyampaikan firasat tersebut terhadap orang yang ia kasihi. Esok, orang yang ia kasihi akan berangkat ke Padang naik pesawat. Ia tak bisa menahannya pergi sama ketika seperti ia tak bisa menahan adik dan ayahnya pergi saat ia punya firasat tentang itu. Akhirnya, ia memilih pergi ketaman untuk membaca buku yang diberikan oleh orang yang ia kasihi. Ditengah perjalanan pulang, sepeda yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Ternyata firasat yang ia rasakan bukanlah tentang orang yang ia kasihi.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari28

#Hari ke-29

~Roti~
Emang makan roti pagi hari bakal kuat sampai siang? Saya jawab tidak juga karena saya sudah terbiasa makan nasi pagi hari. Roti ini bertahan paling sampe jam sepuluhan sampai istirahat pertama dan diganjal dengan roti atau camilan lainnya pada saat istirahat itu.

Istirahat kedua adalah yang paling ditunggu – tunggu karena ada nasi disana. Nasi bisa ambil sesuka hati tapi ya sewajarnya saja biar gak kekenyangan ntar malah jadi ngantuk lagi. Roti dan nasi memang tidak bisa dibanding – bandingkan karena mereka memang berbeda. Saya pernah mendengar menu burger nasi dan yang saya bayangkan adalah burger roti yang diisi nasi didalamnya sebagai pengganti daging, apaa? Ternyata setelah dicek, yang diganti adalah rotinya bukan dagingnya. Tapi gimana kalo burger nasi beneran kayak gitu. Mau makan burger nasi? Pasti kenyaaaaang~
@30haribercerita #30haribercerita #30hbchari29

#Hari ke-30

~Akhir~
Akhir adalah sebuah titik yang sudah ditentukan semenjak kita menentukan titik awal. Saya mengawali program 30 hari bercerita dengan maksud mendokumentasikan perjalanan saya selama 30 hari diawal tahun. Pada saat memulai ini, saya punya target awal tahun harus sudah punya pekerjaan.

Dimulai dari psikotes yang pernah saya ceritakan pada hari ke enam, berlanjut ke tes kesehatan dua hari selanjutnya. Sampai pada akhirnya saya diterima pada hari ke delapan belas dan langsung memulai kegiatan saya sebagai karyawan. Ada keyakinan tersendiri ketika saya mulai berani untuk menceritakan perjalanan saya untuk 30 hari kedepan hingga sampai dihari ketigapuluh ini. Alhamdulillah titik awal dan titik akhir yang sudah ditargetkan bisa tercapai. Apakah ini merupakan akhirnya? Belum, setelah mencapai titik akhir ini saya pasti memulai titik awal yang baru dan menentukan titik akhir yang baru. Begitu seterusnya.

Terimakasih kepada teman – teman yang sudah menyempatkan waktu untuk menyimak cerita tentang keseharianku. Saya tidak termasuk orang yang pandai merangkai kata, jadi saya bercerita tentang keseharian dan bercerita seperti pada seorang teman yaitu kamu. Terimakasih juga kepada @30haribercerita yang sudah memberikan kesempatan untuk berbagi bersama teman baru. Jadi, sudahkah kamu menentukan titik awal dan akhirmu? #30haribercerita #30hbchari30

Iklan

6 respons untuk ‘#30HariBercerita Sesi Pertama – 2016

  1. Ping-balik: Memulai 2017 dengan 30 Hari Bercerita – AULIA FASYA

  2. Ping-balik: #30HariBercerita Sesi Kedua |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s