Pandai besi, Daur Baur, dan Siar Daur Baur

Pertama kali medengar kata pandai besi langsung terpikir seorang tukang yang sedang menempa besi menyala dengan sebuah palu yang besar. Tapi pandai besi yang satu ini berbeda, mereka adalah sebuah grup musik dari kota Jakarta. Pandai besi merupakan side project dari band Efek Rumah Kaca.

Image

Kesempatan mendengarkan musik mereka untuk pertama kalinya datang pada sebuah acara peluncuran buku di Bandung. Saat itu yang saya tahu hanya Efek Rumah Kaca yang akan tampil. Tetapi sesaat setelah ERK tampil, selanjutnya giliran pandai besi yang tampil. Saya pun penasaran dengan musik dan project baru dari band tersebut. Dan ternyata komposisi musik pandai besi bisa dibilang lebih rumit untuk orang awam seperti saya. Pada awalnya memang sedikit kesulitan dalam mencerna musik mereka. Tetapi lama – kelamaan musik ini pun bisa dinikmati dengan asik.

ImageSaat ini mereka telah mengeluarkan sebuah album. Album ini bisa disebut Live album karena proses rekamannnya dilakukan langsung seperti sebuah konser. Proses rekaman album ini dilakukan di Lokananta seperti yang diceritakan dalam film dokumenter Siar Daur Baur yang diputar akhir Desember 2013 kemarin di Kineruku. Produksi rekaman album Daur Baur Pandai Besi ini membutuhkan banyak sekali dana sehingga dalam pelaksanaanya mereka akhirnya menjalankan cara Crowfunding.

ImageImageImageDari film ini, banyak hal yang belum pernah diceritakan dan juga belum diketahui banyak orang. Mulai dari proses kreatif sampai dengan hal teknisnya. Visual dan tata letak lampu yang dibuat sedemikian rupa menjadikan emosi dalam film ini begitu terasa sekali. Seolah – olah kita sedang dibawa kedalam studio dan merasakan suasana langsung. Secara keseluruhan, film ini keren! Mungkin kamu harus mencoba untuk menonton film dokumenter ini juga. Film ini dibuat oleh Gundala Pictures.

ImageKebetulan akhir Desember kemarin juga dapat kesempatan menyaksikan konser tunggal Pandai Besi yang di adakan di Gedung RRI Bandung. Ini merupakan pertama kalinya menyaksikan penampilan mereka setelah mengeluarkan album Daur Baur dan kali kedua saya menyaksikan mereka tampil langsung di Bandung. Konser di buka oleh penamplan dari Efek Rumah Kaca terlebih dahulu dengan membawakan lagu – lagu yang jarang sekali mereka bawakan pada saat konser Efek Rumah Kaca sebelumnya.

ImageSelanjutnya yang ditunggu – tunggupun akhirnya tampil. Yeah pandai besi membawakan semua lagu yang ada dalam album mereka.

ImagePandai besi adalah project yang sangat keren! Lagu yang paling saya suka adalah lagu Jalang. Pandai Besi, Daur Baur dan Siar Daur Baur adalah hal yang tak terpisahkan dan seolah – olah menjadi satu kesatuan. Karya mereka layak mendapat apresiasi yang tinggi dari para penikmat musik. Semoga karya mereka tetap mendapatkan apresiasi dan selalu abadi.Teruslah berkarya!

Iklan

4 thoughts on “Pandai besi, Daur Baur, dan Siar Daur Baur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s