Jalan – jalan ke Gunung Gede

Tanggal 18 – 19 Oktober kemarin merupakan pengalaman pertama saya naik gunung yang sebenarnya. Sebelumnya udah sering jalan – jalan ke gunung, tapi yang masih deket – deket. Nah kali ini beneran naik gunung dan lokasi yang dipilih adalah gunung gede.

Saya berangkat kesana bersama 14 teman kampus. Rencananya kami naik ke atas mulai pukul 8, tapi karena harus mengurus perizinan terlebih dahulu, akhirnya kami menunngu sambil senam pagi bersama karyawan dan pengunjung disana. Dan kami baru berangkat pukul 11 siang. ImageYap dan perjalanan kami pun dimulai…………

Banyak yang bilang kalau track gunung gede itu tidak terlalu sulit dan cocok bagi pemula, saya rasa itu benar karena track yang kita lalui sudah banyak bebatuan yang disusun menjadi jalan setapak. Tapi karena banyak diantara kami yang baru pertama kali naik gunung, hasilnya banyak sekali tempat yang menjadi tempat istirahat Hahah….

Menurut info dari mas-mas dan mbak penjaga gerbangnya, normalnya naik sampai ke puncak gunung gede itu sekitar 7-10 jam. Kalo untuk sampai ke area camp di kandang badak waktunya sekitar 5-6 jam perjalanan. Setelah berjalan cukup lama, udara sedikit berbeda agak sedikit hangat. Tak terasa, ternyata kami sampai di objek wisata air panas. Lumayan, bisa istirahat sebentar sambil berendam kaki di air panas yang masih alami ini.

Karena kabut sudah mulai turun, maka dari itu kami harus segera melanjutkan perjalanan sebelum kabutnya semakin tebal dan membatasi jarak pandang kita. Setelah beberapa jam akhirnya kami sampai juga di kandang badak.Image

Karena ada beberapa orang yang sudah sampai duluan disana, dua tendapun sudah berdiri. Saatnya beristirahat sambil ninyuh kopi dulu.

Karena sampai ke kandang badaknya sudah terlalu sore, perjalanan ke puncak gede kami lanjutkan besok paginya. Kami berangkat pukul 4 pagi dan berharap bisa dapat momen sunrise yang cantik dari atas puncak Gede.Image

Perjalanan pun dimulai kembali dan ini adalah track yang paling sulit untuk menuju puncaknya, entah apa namanya yang pasti kemiringannya bisa mencapai 70 derajat. Maka dari itu harus hati-hati saat melalui track ini. Salah memilih pijakan bisa berakibat fatal dan tergelincir ke bawah.

Setelah berjalan sekitar dua jam, akhirnya…… BRAVO! Kita sampai puncak Gede juga akhirnya! Rasa bahagia dan terharu bercampur aduk jadi satu. Bangga bisa sampai puncak dan menikmati indahnya ciptaan Tuhan dari atas puncak.ImageImage

Beberapa dari kami juga ada yang lanjut ke puncak Pangrango.

Pengalaman ini luar biasa sekali. Mungkin akan jadi cerita sampai tua nanti. Alhamdulillah. Terimakasih banyak teman-teman………